Heboh Uskup KAM, Mgr. Kornelius Sipayung, OFM.Cap Berkati Pembangunan Gereja St Petrus Dan Paulus

Siantar, hetanews.com – Gereja Katolik St. Petrus dan Paulus, Paroki Batu Lima telah selesai dibangun dan diresmikan langsung oleh Uskup Agung Medan, yaitu bapak Mgr. Kornelius Sipayung, OFM.Cap, dan Pastor Paroki Cyrus Simalango, OFM.Cap, sabtu, 11/01/2010, pukul 08.00 Wib, di Jalan Pdt. Justin Sihombing, Kelurahan Siopat Suhu Kecamatan Siantar Timur.

Sebelum peresmian dan penandatangan prasasti diawali ibadah dengan khidmat bersama umat setempat dan undangan umat katolik lainnya yang dipimpin langsung oleh bapak Uskup Mgr. Kornelius Sipayung, OFM.Cap. 

Dalam penyelengaraan acara yang dipersiapkan panitia, terangkai banyak hal, meliputi makan bersama, berbagi kalung Rosario, lelang makanan, lelang ulos, pertandingan sesama OMK (Orang Muda Katolik) seperti lagu mazmur, vocal group antar lingkungan serta hiburan yang dipersembahkan oleh ASMIKA (Anak-anak Sekolah Minggu Katolik).

Setelah kegiatan peresmian Gereja Katolik St. Petrus dan Paulus yang baru, panitia melanjutkan acara syukuran besoknya dihari minggu, 12/01/2020, di SMP Cinta Rakyat 2 jalan Halilintar, Kelurahan Siopat Suhu, Kecamatan Siantar Timur.

Acara diawali dengan ibadah pukul 09.00 Wib yang sekaligus ada penerimaan Sakramen Krisma sejumlah 486 orang yang terdata dan juga dihadiri bersama kurang lebih empat ribu umat dan undangan yang hadir, kemudian dilanjutkan dengan kata-kata sambutan.

Uskup mengemukakan bahwa pembangunan gereja adalah bukan hanya bangunannya, melainkan yang sebenarnya adalah membangun jemaat Allah. Agar semua umat lebih bersatu padu sehingga senantiasa mendapat bimbingan dari Roh Allah.

"Kemarin gereja telah kita berkati, dan 3 tahun kita membangun gereja ini dari satu kebatu lainnya hingga berdirinya gereja, tetapi yang sebenarnya yang dibangun disitu adalah jemaat Allah, dan kita inilah semua, baik rohani yang terdiri dari batu-batu yang tersusun jadi tempat ibadah," ucap Uskup Kornelius

"Maka saya janjikan, 2 atau 3 tahun ini menjadi Paroki Kota, kalau benar-benar umatnya sunguh-sungguh terbangun jemaat menjadi kesatauan yang utuh, maka berjanjilah dan jangan pura-pura tidak mendengar, karena harus ada tanggungjawab," tambah Uskup

Pada kesempatan yang sama Uskup menyampaikan pesan kepada para penerima Sakramen Krisma. "Menerima Sakramen Krisma artinya menerima karunia Roh. Roh itu adalah daya kekuatan ilahi yang berasal dari Allah. Yang membuat dan menggerakkan kamu patuh kepada Allah," pesan Uskup

"Mari kita teruskan persatuan ini. Sehati sejiwa itulah cita-cita gereja terwujud disini. Selamat untuk kita semua, semoga dengan perayaan ini, semakin dikuatkan dan semangat kita melayani semakin dikobarkan. Dan untuk tamu yang sudah datang, mendukung, membantu kita, terima kasih banyak," tutup Uskup

Ketua panitia peresmian gereja St. Petrus dan Paulus, Ir. Tagor Damanik, dalam sambutannya mengatakan "Apa yang dilakukan sejak awal hingga akhir, 36 bulan pembangunan bisa terlaksana atas partisipasi umat dan para donateur. Bahkan orang-orang yang masih punya keterbatasan ekonomi berperan juga berkontribusi, dan terima kasih kepada Uskup yang telah memberikan motivasi kepada kami umat St. Petrus dan Paulus" katanya

Pastor Paroki Batu Lima, Cyrus Simalango, OFM.Cap selaku pimpinan umat Paroki yang baru menjabat ± 6 bulan, tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Pastor Paroki yang sebelumnya menjabat yaitu Pastor Fridolinus Simanjorang, OFM.Cap yang mengawali dan mempelopori melangsungkan proses pembangunan.

"Terima kasih kerja sama kita semua, terkhusus Uskup Agung Medan, kepada bapak Uskup yang sudah dua hari bersama umat diparoki ini. Dan juga kerja sama bapak Vikep serta ketua panitia, terima kasih kepada umat Allah, terkhusus umat yang di Termin, memberi apa yang ada dan apa yang kurang," Ucap Pastor Cyrus

Pada acara peresmian dan syukuran pembangunan gereja Katolik St. Petrus dan Paulus, panitia juga mengundang umat stasi perwakilan se-Paroki, tokoh masyarakat bahkan Wali Kota Pematangsiantar, H. Hefriansyah, SE, MM beserta OPD (Organisasi Prangkat Daerah)

Usai penyampaian kata sambutan, acara dilanjutkan dengan penandatangan Prasasti gereja St. Petrus dan Paulus atas nama Pemerintah Kota Pematangsiantar. Kemudian panitia memberi cendramata ulos kepada Wali Kota dan kepada undangan lainnya pertanda ikatan kebersamaan antara umat kepada pemerintah kota dan sesama warga.