Heboh Tipu 2 Remaja dengan Modus Dapat Emas Dalam Angkot, Wanita Ini Ditangkap Driver Ojol

SUNGGAL, metro24jam.com – Menipu dua remaja setelah mengaku mendapatkan emas di dalam angkot, wanita bernama Nurhayati Boru Samosir (53), warga Jalan Bantara, Berngam, Kota Binjai harus berurusan dengan polisi.

Kasi Humas Polsek Sunggal, Aiptu Roni B Sembiring, Selasa (25/2/2020) mengatakan, aksi itu dilakukan Minggu (23/2/2020) sekira pukul 17.30 WIB terhadap dua gadis remaja yang masih memiliki ikatan keluarga, Safia Putri (15) dan Rieke Salsabila (15), warga Medan Petisah.

Nurhayati yang sudah menyiapkan kalung emas palsu, berpura-pura mendapatkan barang berharga di dalam angkot yang dinaiki ketiganya. Saat itu Safia dan Rieke dalam perjalanan pulang naik angkot KPUM 63 dari Carrefour.

“Tesangka menjatuhkan emas tanpa sepengetahuan korban. Lalu berpura-pura mendapatkan emas itu dari dalam angkot disaksikan kedua korban,” jelas Roni.

Selanjutnya, wanita 53 tahun membuka bungkusan yang ternyata berisi kalung ‘emas’ lalu mengatakan barang itu diperkirakan seharga Rp 45 juta.

Nurhayati kemudian menggoda Safia dan Rieke untuk berbagi tiga hasil penjualan kalung ‘emas’ yang ditemukan tersebut.

Namun, Nurhayati berdalih ingin buru-buru dan meminta kedua gadis itu yang menjualkan kalung temuan tersebut lalu meminta Safia dan Rieke menyerahkan HP milik mereka sebagai gantinya.

“Kedua korban merasa panik karena didesak pelaku untuk memberikan HP milik mereka,” lanjutnya.

Dengan perasaan setengah percaya, kedua remaja itu kemudian memberikan HP mereka. Namun, begitu mendapat HP, Nurhayati pun langsung memencet bel lalu turun dari angkot.

Melihat gelagat tersebut, satu dari kedua remaja itu pun tersadar bahwa kalung yang diberikan Nurhayati merupakan emas palsu. Sontak remaja itu pun berteriak untuk mengundang perhatian warga.

“Salah seorang saksi pengemudi ojek online yang mendengar teriakan korban mengejar pelaku dari Tomang Elok hingga lampu merah simpang Manhattan, Jalan Gatot Subroto,” beber Roni.

Di sana, driver Ojol yang belakangan diketahui bernama Bastian (28) pun sempat saling tarik-menarik HP dengan Nurhayati. Melihat kejadian itu, warga menghubungi Polsek Sunggal yang langsung turun ke lokasi dan mengamankan Nurhayati.

“Saat kita tanyai, pelaku mengakui perbuatannya itu. Pelaku pun kita amankan untuk di proses. Kedua korban juga sudah membuat laporan resmi,” kata Roni.

Selain mengamankan Nurhayati, petugas juga mengamankan barang bukti dua buah tas warna hitam dan pink, satu unit HP Vivo V 12 dan Oppo Neo 7.

“Emas yang diduga palsu itu terjatuh saat korban mengejar pelaku. Tersangka dijerat pasal 378 subs 372 KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” pungkas Roni. (adi)