Heboh Tidak Ada Kejelasan Soal Tugu, Gamis akan Unjuk Rasa Lagi

20181205084136-gam.jpg

Siantar,hetanews.com- Gerakan Masyarakat Islam (Gamis) Kota Siantar akan kembali menggelar aksi damai untuk menuntut pemindahan lokasi tugu Raja Sang Naualuh dari Lapangan H Adam Malik. 

"Iya, kami akan aksi lagi, hari Jumat minggu ini lah,"ujar Kordinator Aksi Gamis, Hendro Susilo, seraya memperlihatkan surat pemberitahuan aksi saat ditemui, di seputaran Jalan M.H Sitorus, Rabu (5/12/2018).

Hendro memastikan, aksi damai itu akan digelar, pada Jumat siang, 7 Desember 2018. Gamis sebelumnya tidak ikut serta dalam pertemuan yang digelar Pemko Siantar, pada Senin kemarin.

Pertemuan tersebut mengundang sejumlah stake holder dan organisasi keagamaan, suku dan ahli waris Raja Sang Naualuh Damanik. Sementara itu, pertemuan yang dilakukan atas dinamika yang terjadi setelah pemindahan lokasi tugu ke Lapangan H Adam Malik.

Belum diketahui kesepakatan dari hasil pertemuan yang dihadiri oleh Wali Kota, Hefriansyah, Ketua DPRD, Marulitua Hutapea, Kapolres Siantar, Heribertus Ompusunggu dan Ketua PMS Siantar, Minten Saragih, itu.

Sementara dampak pemindahan lokasi tugu ke Lapangan H Adam Malik, memunculkan penolakan dan dukungan dari kelompok masyarakat. 

Plt Kadis PUPR, Jhonson Tambunan, selaku dinas yang menaungi pengerjaan proyek pembangunan tugu tersebut, mengatakan, pihaknya akan segera mengeluarkan surat untuk pemindahan tempat.

Plt Kadis PUPR ini juga belum mengetahui soal pemindahan tuga Sang Naualuh dari pertemuan antara Pemko Siantar dengan sejumlah organisasi keagamaan, suku dan ahli waris Sang Naualuh, di ruang Bappeda Siantar.