Heboh Terkini, Mitigasi Konflik Gajah Liar Kian Parah di Cot Girek

10-6-2019-Gajah-liar-Aceh-Utara.jpg

ACEH UTARA, metro24jam.com – Kawanan gajah liar kembali mendatangi perkebunan warga di Dusun Alue Buloh Desa Cot Girek, Kecamatan Cot Girek, Aceh Utara. Sejumlah tanaman dilaporkan rusak, diobrak-abrik satwa dilindungi itu.

Informasi diperoleh metro24jam.com, kawanan gajah yang diperkirakan berjumlah 30-an ekor memasuki perkebunan warga sejak pertengahan Mei 2019 atau tepatnya pada 17 Ramadhan. Selain tanaman, sejumlah gubuk turut dirusak.

Salah seorang pemilik kebun setempat, Mustafa HS (42), mengatakan hingga Senin (10/6/2019) malam, kawanan gajah masih bertahan di kawasan Alue Buloh dan bahkan merusak satu gubuk lainnya.

“Barusan saya dihubungi, bahwa gajah itu kembali lagi ke kebun dan merusak satu gubuk. Sejak 17 Ramadhan hingga malam ini kawanan gajah tersebut belum meninggalkan areal perkebunan warga,” kata Mustafa.

Disebutkan, sejauh ini warga yang berkebun di Alue Buloh hanya mengupayakan penghalauan dengan menggunakan mercon yang difasilitasi BKSDA Aceh, namun mercon itupun kini tidak memadai lagi sehingga dilakukan dengan cara apa adanya.

Tanaman yang dirusak kawanan gajah liar di Cot Girek. (ist/metro24jam.com)

Sementara tanaman yang dirusak berupa tanaman pinang, pisang, kakao, durian. Mustafa menbaku tidak bisa menyebutkan satu persatu pemilik kebun yang tanamannya dirusak gajah karena pemiliknya mencapai puluhan orang.

Dia, mewakili warga lainnya memohon kepada BKSDA atau pihak terkait untuk segera turun tangan dan meminta agar Camp Conservation Response Unit (CRU) yang dibangun dua tahun lalu segera difungsikan. (Chairul)