Heboh Tak Terbukti Menipu, Lili Chandra Menangis Divonis Bebas Hakim PN Siantar

20181205094909-img-20181205-wa0009.jpg

Siantar, hetanews.com – Hakim sidang perkara kasus penipuan memvonis bebas terdakwa Lili Chandra (50). Atas kasusnya, Lili sebelumnya dituntut 3 tahun penjara di Pengadilan Negeri Siantar.

Vonis bebas dibacakan majelis hakim diketuai Danar Dono dibantu dua rekannya, Risbarita Simorangkir dan M Iqbal FJ Purba dalam sidang yang digelar, Rabu (5/112).

Dalam amar putusan, hakim menyatakan terdakwa tidak terbukti melakukan tindak pidana penipuan sebagaimana Pasal 372 dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Siti Manullang.

Majelis hakim kemudian memperintahkan JPU mengeluarkan terdakwa dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Klas II A Pematangsiantar.

Kepada wartawan, Luhut Sitinjak selaku kuasa hukum terdakwa mengatakan bahwa kasus itu bermula dari jual beli rumah terdakwa di Jalan Medan Komplek Rami Indah Blok F Kelurahan Nagapita, Kecamatan Siantar Martoba.

“Terdakwa menjual rumahnya karena akan dilelang oleh pihak bank dan kemudian dibeli oleh pelapor. Bukti jual beli jelas, ada notaris,” katanya.

Setelah jual beli terjadi, pelapor tak terima lantaran terdakwa belum mengosongkan rumah sebagaimana perjanjian mereka. Perkara itu kemudian dilaporkan ke pihak berwajib.

“Jadi memang klien saya belum mengosongkan rumah karena belum dapat rumah untuk pindah. Pelapor mengadukan kasusnya tentang penipuan. Hanya karena belum mengosongkan rumah. Menurut saya ini bukan pidana, tapi perdata. Dan terbukti majelis hakim memvonis yang seadil-adilnya (vonis bebas),” ujarnya.

Sementara itu, usai mendapat vonis bebas Lili Chandra tampak mengucurkan air mata hingga dibawa keluar ruang sidang. "Masih ada keadilan untuk saya," katanya sedih.