Heboh Soal Negara Bebas Plastik, Bupati Soekirman Akan Tiru Tanzania

20-9-2019-Soekirman-ke-Tanzania.jpg

SERGAI, metro24jam.com – Pemerintah Tanzania, melarang adanya sampah plastik, sehingga setiap orang yang membuang sampah plastik sembarangan dan tertangkap akan didenda sangat mahal.

“Saya sangat terkesan dengan aturan yang diberlakukan Zanzibar, Republik Tanzania, terkait masalah sampah plastik,” kata Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman kepada Metro24jam.com melalui WhatsAppnya, Sabtu (21/9/2019).

Dalam gerakan bebas plastik, semua kedai dan toko di Zanzibar, hanya menyediakan kantong kertas (paper bag) untuk para pembeli.

“Ini membuktikan mereka benar-benar melakukan gerakan bebas sampah plastik,” pungkasnya.

Suatu kebanggaan Soekirman saat melakukan kunjungan ke Zanzibar, Republik Tanzania memberi ruang bagi warganya bebas memeluk agama dan antar agama saling tolong menolong dalam menjawab permasalahan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat.

“Itu sebabnya organisasi gereja United Evangelical Mission (UEM) di Jerman menyelenggarakan Conference International Interreligious Action for Peace and Inclusive Communities 19-23 September 2019,” imbuhnya.

Ia menambahkan, kunjungan ke Republik Tanzania dalam rangka didaulat sebagai pembicara dari Indonesia dengan tajuk “How to strengthen potential of religious Actors in Promoting Peace”.

“Apa yang dilakukan Zanzibar bebas plastik sangat baik dicontoh Kabupaten Serdang Bedagai, sehingga perlahan akan bebas sampah plastik,” bilang Soekirman.(mad)