Heboh SMK Persiapan dan PPTIK-ITB Kerjasama Kembangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi Berbasis IoT

Siantar, hetanews.com – SMK Swasta Persiapan Pematangsiantar, bekerjasama dengan Pusat Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi – Institut Teknologi Bandung (PPTIK – ITB), dalam hal pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi berbasis Internet of Things (IoT), baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.

Kesepakatan kerjasama tersebut, langsung ditandatangani oleh Kepala PPTIK – ITB, Dr. Techn. Ary Setijadi Prihatmanto dan Kepala Sekolah SMK Swasta Persiapan Pematangsiantar, Edwin TH Simanjuntak S.E M.Pd.

Dan adanya kerjasama tersebut, dibenarkan Kepala Sekolah SMK Swasta Persiapan Pematangsiantar, Edwin TH Simanjuntak S.E M.Pd saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (30/7/2020) pagi tadi, di komplek sekolah, jalan Pane Siantar.

Dikatakan Edwin, kerjasama tersebut untuk empat tahun, terhitung mulai tanggal 25 Oktober 2019 hingga 25 Oktober 2023 mendatang. “Dan SMK Swasta Persiapan Siantar, satu – satunya di Sumut yang bekerjasama dengan PPTIK – ITB,”ungkapnya bersemangat.

Lanjutnya, pihaknya melibatkan 12 orang siswa untuk mengikuti PKL Online di Laboratorium Internet of Things (IoT) PPTIK – ITB, yaitu dari jurusan Elektro, Multi Media dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).  

Nama – nama siswa tersebut yaitu Pandu Marswira Pranatatama  (Kelas) XII TAV,  Haris Arde Kesumah (Kelas XII TAV), Teguh Susilo      (Kelas XII TAV), Dimas Manggala Utama (Kelas XII TAV), Willi Agung Syahputra (Kelas XII TKJ), Hot Asih Richard Sihaloho (Kelas XII TKJ), Rovinka Evawany Elysa Manullang (Kelas XII TKJ), Nur Suci Ayati (Kelas XII TKJ), Andri Saputra Simanullang (Kelas XII MM),  Dilla Ayu Sritantri (Kelas XII MM), Fimiyah Ulfa Azzahra Lubis (Kelas XII MM),  Zulfan Prayoga (Kelas XII MM). Dan para siswa itu akan dibimbing  seorang guru yaitu Efendi Manurung S.Kom, ujarnya.

Dan juga ada dua guru yang magang online di Laboratorium Internet of Things (IoT) PPTIK – ITB yaitu Jahidup Nahampun, S.Kom dan Jumawan.

“Mereka – mereka ini lah nantinya yang akan mensukseskan pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi berbasis Internet of Things (IoT), yang bekerja sama dengan pihak PPTIK – ITB,”katanya.

Masih katanya, nantinya pihak PPTIK – ITB akan mengirim semua komponen yang dibutuhkan dan akan dirangkai para siswa PKL tersebut, bersama para guru magang dan guru pembimbing.

Dijelaskannya, nantinya para siswa akan merangkai RFID (Radio Frequency Identification), atau Pengenal Frekuensi Radio. Yaitu sebuah metode identifikasi dengan menggunakan sarana yang disebut label RFID atau transponder untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh.

“Nantinya sistim absensi di lingkungan sekolah seperti finger print, tapi ini RFID, pakai satelit, dan kartu elektrik,”ujarnya.

Mudah – mudahan, sekolah – sekolah lainnya di Kota Siantar juga bisa memakai sistim absensi RFID tersebut, kata Kepala Sekolah.

Masih katanya, para siswa PKL dan guru magang, nantinya juga akan mendapat sertifikat dari PPTIK – ITB.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendikan Siantar, Darwin Purba, mengucapkan selamat kepada SMK Swasta Persiapan Siantar yang telah melaksanakan praktek model daring PPTIK – ITB.  

Dan semoga menambah pengetahuan dan skill para siswa dan juga guru, demi kemajuan sekolah dan dunia pendidikan di Sumatera Utara, khusususnya di Kota Siantar, ujarnya.