Heboh Seleksi PKWT di PTPN IV Bahjambi Disinyalir Diintervensi Calo, 3 BHL yang Awalnya Dinyatakan Lulus Mendadak Gagal

SIMALUNGUN, metro24jam.com – Praktik percaloan dalam rekrutmen tenaga kerja Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) disebut terjadi belum lama ini di lingkungan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Kebun Bahjambi.

Hal itu diungkapkan seorang mantan BHL PTPN IV Kebun Bahjambi kepada Metro24jam.com saat ditemui di seputaran emplasmen PTPN IV Bahjambi, Sabtu (31/7/2021) siang.

“Sampai sekarang ini masih ada saja keluhan soal rekrutmen tenaga kerja PWKT di Distrik 1 Bahjambi,” sebutnya.

Teranyar, aksi percaloan itu disebut mengakibatkan 3 korban Buruh Harian Lepas (BHL) pemanen di Afdeling 1 PTPN IV Distrik 1 Bahjambi dan hal tersebut sudah jadi perbincangan khalayak ramai serta karyawan dan staf di sana.

Metro24jam.com coba menelusuri kebenaran informasi tersebut dengan mewawancarai sejumlah BHL pemanen sawit di sana. Salah seorang di antaranya akhirnya buka mulut terkait dugaan praktik percaloan PKWT yang dialami 3 BHL pemanen di Afdeling 1 Distrik 1 Bahjambi.

“Kemarin, sekitar 2 pekan lalu, ada pengumuman lampiran memo nomor: 04.07/KOL/M.1248/VII2021 tentang daftar nama Tenaga Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) PT Perkebunan Nusantara IV di Afdeling I,” katanya.

Sembari memperlihatkan pengumuman dimaksud, ia mengatakan, bahwa dalam daftar itu ada 10 BHL pemanen sawit dinyatakan lulus sebagai tenaga kerja PKWT, setelah melalui proses seleksi ketat.

Selanjutnya, ke-10 BHL yang dinyatakan lulus PKWT dimaksud disebut telah diundang ke Kantor SDM Distrik 1 Bahjambi untuk menandatangani kontrak awal, untuk masa kerja 1 Juli 2021 s/d 31 Desember 2021.