Heboh Rapid Test GTPP Batubara, 10 ASN Batubara Dinyatakan Reaktif

BATUBARA, metro24jam.com – Sebanyak 10 orang tanpa gejala (OTG) dinyatakan reaktif setelah menjalani rapid test di Kabupaten Batubara, Rabu (20/3/2020) lalu.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Batubara, dr Wahid Khusyairi, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa rapid test tersebut dilakukan terhadap sejumlah ASN dan beberapa pejabat eselon 2 di Pemkab Batubara.

“Ini orang-orang tanpa gelaja. Tapi begitupun, belum tentu positif Covid-19,” katanya.

Wahid menjelaskan, terhadap bahwa 10 OTG reaktif rapid test itu sudah diambil sample swab dan dikirim ke Rumah Sakit USU Medan dan Jakarta.

“Terhadap mereka telah dilakukan di isolasi mandiri menunggu hasil swab yang baru diketahui seminggu hingga 10 hari ke depan,” sebut Wahid, Kamis (21/5/20) malam.

Dijelaskannya, meski reaktif pada pemeriksaan rapit test, kesepuluh orang tersebut belum tentu positif Covid-19.

“Mereka belum tentu positif Covid-19, karena rapid test hanya menyatakan positif virus, tapi belum diketahui jenis virusnya. Karena itu terhadap mereka sudah dilakukan test swab”, terang Wahid.

Terkait dengan temuan tersebut, Wahid yang juga Jubir GTPP Covid-19 Kabupaten Batubara meminta masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti anjuran pemerintah.

“Tetap tenang, tinggal di rumah dan ikuti anjuran pemerintah serta jangan percaya informasi yang beredar dari orang tak bertanggungjawab. (fik)