Heboh Pujakesuma Gelar Lomba Tembang Jawa yang Dihadiri Kapolres Siantar, Ini Juaranya

20190120093821-aj.jpg

Siantar,hetanews.com- Organisasi atau Perkumpulan Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma), gelar festival lomba tembang jawa yang berlangsung di balai Pujasera, Jalan Sudirman, Kecamatan Siantar Barat, Sabtu (19/1/2019), lalu.

Festival ini, dihelat selama seharian penuh yang dimulai sejak pagi hingga malam. Terdapat enam pesarta yang ikut lomba tersebut.

Suasana di balai Pujasera tampak seragam yamg mana para tamu undangan mengenakan seragam kemeja batik warna coklat, dipadukan celana panjang hitam.

Penampilan ke-enam peserta tak luput mendapat banyak tepuk tangan dari para tamu undangan.

Tak jarang para peserta lain yang menunggu giliran tampil tampak bergembira mengikuti musik alunan khas jawa.


Perwakilan dari Pujakesuma sebagai panitia penyelenggara lomba tembang jawa dan Kapolres Siantar AKBP Heribertus Ompusunggu serta peserta lomba bersua foto bersama, Sabtu (19/1/2019). (Foto/Hza)

Saat lomba berlangsung, para peserta lomba dinilai oleh juri berjumlah tiga orang. Usai enam peserta tampil, dewan juri membaca hasil penilaian dan penyanyi dari kelompok Kecamatan Siantar Martoba, keluar sebagai juar utama dengan nilai 1.392.

Sementara itu, Sugihharto, selaku penitia penyelenggara, mengatakan, kegiatan ini kita untuk melestarikan budaya jawa.

"Yaaa, kegiatan kita gelar untuk melestarikan budaya jawa. Ini berkesinambungan dia, kalau ini season. Yah momennya setiap tahun, itu si rencananya," ujarnya.

Ditempat yang sama, Kapolres Siantar, AKBP Heribertus Ompusunggu tampak menghadiri festival tembang jawa itu.

Selain mengapresia, menurutnya, kegiatan ini sangat bagus dangan kesannya yang menjaga budaya, yakni budaya jawa.

"Lomba tembang jawa ini bagus untuk mempersatukan pujakesuma. Dari kegiatan ini muncul kesatuan dan tercipta kamtibmas di Siantar, terjaga aman dan tertib," pungkasnya.

Selain itu juga, Kapolres menyampaikan, dengan lomba ini diharapkan dapat melestarikan budaya dengan cara mengajarkan lagu-lagu kepada anak-anak, di sela-sela pelajaran mereka.