Heboh Polisi Surabaya Hentikan Gatot Nurmantyo Saat Pidato Di Tengah Massa KAMI

Siantar, Hetanews.com – Acara silaturahim akbar koalisi aksi menyelamatkan Indonesia yang digelar di Graha Zabal Nur Jambangan, Senin (28/09/2020) dibubarkan polisi.

Pembubaran ini terkait berlangsungnya acara ditengah pandemi covid 19 yang harus melalui izin aparat untuk terapkan penerapan protokol kesehatan. Acara dibubarkan saat Jenderal TNI, Gatot Nurmantyo tengah lakukan pidato di acara KAMI.

Kepada aparatur yang bertugas di acara tersebut, Gatot beranggapan bahwa diselenggarakannya acara tersebut hanyalah deklarasi saja.

“Pak, dianggap ini sudah deklarasi saja, tolong bapak memberikan sepatah dua patah kata, saya sampaikan ke mereka. Di tengah-tengah pidato, tiba-tiba ada aparatur yang akan membubarkan. Saya bilang kepada para hadirin, aparatur ini adalah tugasnya sebagai aparat kepolisian. KAMI adalah organisasi yang mengutamakan orientasi,” tukasnya,

Trunoyudo Wisnu Andiko, Kabid Humas Polda Jatim menjelaskan kepada KOMPASTV (28/09/2020) bahwa acara tersebut harus dihentikan.

“Kelompok aliansi yang tadi berkumpul itu kita lakukan proses penghentian kegiatan. Kita tahu kan di dalam situasi saat ini, Jawa Timur yang tergabung di dalam kelompok gugus tugas masuk bagian dalam pusat perhatian secara nasional untuk pandemi covid 19 ini.” jelasnya,

Trunoyudo menambahkan bahwa dalam penggeloraan kegiatannya, diketahui Jawa Timur sudah menggelorakan kegiatan edukasi, sosialisasi, preventif, dan kegiatan semacamnya.

“Dalam penggeloraan kegiatannya, diketahui Jawa Timur sudah menggelorakan kegiatan edukasi, sosialisasi, preventif sampai dengan operasi yustisi penindakan atau penegakan hukum terkait dengan kerumunan orang menghindari klaster baru.” tambahnya,

“Perlu kita ingat bersama bahwa di masa pandemi ini, keselamatan rakyat adalah paling terutama. Itu hukum tertinggi di masa pandemi.” tutupnya.