Heboh PLN UP3 Lubukpakam dan Damkar Gelar Simulasi Siaga Darurat Kebakaran

metro24jam.com – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Lubukpakam bersama Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan Deliserdang menggelar simulasi darurat kebakaran, di lapangan parkir Kantor PLN UP3 Lubukpakam, Selasa (27/4/2021).

Dipandu tim Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Deliserdang kegiatan tersebut diikuti masing-masing perwakilan tim tanggap darurat di seluruh Unit Layanan Pelanggan dan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan PLN Lubukpakam.

Materi pengetahuan dasar tanggap bencana kebakaran disampaikan Khairul Fahmi Ayub dari Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Deliserdang.

Khairul Fahmi menjelaskan, ada 3 unsur yang menjadi komponen terbentuknya api atau biasa disebut segitiga api, yaitu material mudah terbakar, panas dan oksigen.

Untuk melakukan pemadaman api salah satu komponen tersebut harus segera diputuskan. Ia juga menjelaskan bahan-bahan pemadam api yang digunakan sesuai dengan penyebab kebakaran.

“Setelah pengetahuan dasar mengenai api dan kebakaran diberikan, selanjutnya dilakukan simulasi bagaimana cara memadamkan kebakaran secara tradisional dengan menggunakan karung goni, serta pemadaman api dengan alat pemadam api modern dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) berbahan dry powder dan CO2 dan hydrant,” jelasnya.

Pada simulasi tersebut para peserta diberi kesempatan untuk mempraktikkan cara pemadaman api sekaligus mengaplikasikan teori yang baru saja diberikan.

Sementara itu, Manager PT PLN (Persero) UP3 Lubukpakam, Evan Suseno Sirait mengatakan, kegiatan simulasi tersebut dilakukan secara rutin berkala untuk membentuk budaya cepat tanggap, siaga dan waspada jika ada situasi yang mengancam jiwa dan aset perusahaan dalam penanggulangan bencana kebakaran.

“Ilmu yang didapat dari kegiatan ini diharapkan dapat disharing kepada rekan kerja yang lain dan tetap dilatih agar terbiasa dalam menggunakan peralatan pemadam kebakaran yang tersedia di masing-masing unit,” sebut Evan dalam keterangannya, Minggu (2/5/2021). (*)