Heboh Pencuri Tas Berisikan Uang Rp 12 Juta Milik Penjual Butik Diringkus Polisi dari Pasar Horas

Siantar, hetanews.com – Seorang pelaku pencuri tas yang berisi uang senilai Rp 12 juta, milik seorang penjual butik, di lantai 2 gedung 3 Pasar Horas Siantar, berhasil diringkus unit Satreskrim Polres Siantar, di Jalan Sutomo, Kelurahan Dwikora, Kecamatan Siantar Barat, Sabtu (7/3/2020), pukul 18.00 WIB.

Pelaku diketahui bernama Ubas Simangunsong alias Ubay, warga Jalan Lorong 7, Kelurahan Sigulang-gulang, Kecamatan Siantar Utara.

Menurut keterangan korban, Diana Simanjuntak, aksi pencurian itu dilakukan, saat dirinya sedang sibuk melayani konsumen dan meletakkan tas berisi uang, di laci kerjanya.

"Sebenarnya kejadian ini sudah lamanya, tertanggal 31 Desember 2019 lalu. Dan pada saat itu, kami lagi sibuk menjuali pakaian karena toko kami pada saat itu, sedang ramai-ramainya. Jadi disitu saya letakkan tas saya, di laci kerja,"ucap Diana saat berada, di ruang Jatanras Polres Siantar.

Pada saat sedang sibuk menjuali dagangannya, pelaku yang berada di toko butik milik Diana itu, mengatakan kepada korban, ada konsumen yang hendak membeli pakaian. Dan tanpa sadar, korban menyuruh pegawainya untuk melayani pembeli tersebut.

"Pelaku (Ubay) pada saat itu bilang kepada saya "bu ada pembeli itu", kemudian saya menyuruh pegawai saya dengan mengatakan "Menik juali dulu itu", terus saat saya menoleh, dan saya baru sadar, kalau laci saya sudah terbuka dan tas yang berisi uang Rp 12 juta telah raib, dibawa pencuri itu," terangnya.

Selain itu, Diana juga mengatakan, kalau pelaku tidak sendirian dalam melakukan aksinya, melainkan bersama dua rekannya yang diketahui ibu-ibu yang berpura-pura ingin membeli pakaian, di butiknya tersebut.

"Kalau melihat dari rekaman CCTV-nya, dia (pelaku) tidak sendirian, melainkan ada dua orang ibu-ibu yang juga terlibat dalam aksinya dengan berpura-pura membeli baju di toko saya. Tapi ketika pelaku berhasil mencuri tas saya, pelaku ini saya lihat dari CCTV dengan santai membawa tas saya," tukasnya.

Di tempat yang sama, pelaku Ubay saat ditanya kemana saja uang hasil curian tersebut dihabiskan, dirinya mengatakan, kalau uangnya habis untuk membayar utang dan bermain judi.

"Untuk bayar utang uangnya bang terus aku main judi, sekarang uangnya sudah habis. Tadi saya juga baru mencuri tas, tapi uangnya sedikit," akhirnya.

Kasat Reskrim, Iptu Nur Istiono, melalui Kasubag Humas, Iptu Rusdi Ahya, membenarkan adanya penangkapan tersebut dan sekarang pelaku masih dimintai keterangan.

"Sudah diamankan pelaku, sekarang pelaku masih kita periksa di ruang Jatanras. Korban dan juga saksi sudah kita mintai keterangan,"tutupnya.