Heboh Pembangunan Tugu Sang Naualuh di Lapangan H Adam Malik Dihentikan

20181207042218-img-20181207-wa0010.jpg

Siantar hetanews.com – Pemko Siantar hentikan pembangunan tugu Raja Sang Naualuh di Lapangan H. Adam Malik. Penghentian itu sekaligus pemutusan kontrak perjanjian kerja dengan CV. Askonas Konstruksi Utama selaku pemenang tender proyek.

Pernyataan itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Utari kepada pengurus Gerakan Masyarakat Islam (Gamis) Kota Siantar di halaman Balaikota, Jumat (7/12/2018) sore.

"Aspirasi kawan kawan semua sudah kita tindak lanjuti. Jadi tidak ada lagi progres (pembangunan tugu) yang bertambah dengan terbitnya surat ini," kata  Budi Utari didampingi Staf Ahli, Pardamean Silaen dan Pendi Jhon Musa Silalahi dari Dinas PUPR.

Surat pemutusan kontrak tersebut dilakukan oleh Pejabat Penandatangan Kontrak (PPK) Dinas PUPR kepada CV. Askonas Konstruksi Utama. Perjanjian kontrak tidak dapat dipenuhi, untuk menjaga kondisifitas di Kota Siantar. Dengan itu surat perjanjian kontrak pun diberhentikan.

Segala biaya yang telah dikeluarkan oleh pihak penyedia akan dilakukan penghitungan bersama atas apa yang telah dikerjakan, dan pembayaran dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku. 

"Kita sudah mintakan kepada penyedia supaya dirapikan (lokasi pembangunan). Mudah mudahan kedepan, kita luruskan lagi pembangunannya bersama sama," kata Sekda.

Budi Utari melanjutkan, pihaknya telah memerintahkan Dinas PUPR untuk melakukan konsultasi ke BPK, terkait pemberhentian proyek pembangunan tugu Sang Naualuh Damanik tersebut.

"Jadi (surat) ini belum ditandangani, tapi sudah disampaikan kepada penyedia, dan penyedia menyampaikan agar merapikan pengerjaannya di lapangan Adam Malik," jelas Budi kepada Gamis.

Ditempat yang sama, pengurus Gamis menyampaikan terimakasih kepada Pemko Siantar yang telah menerima aspirasi mereka.  Gamis tetap menyatakan dukungan terhadap pembangunan Tugu Raja Sang Naualuh Damanik.