Heboh Lagi, Sidang Sengketa Pemilu Dapil 2 Deliserdang Ditunda, Termohon Tak Siapkan Jawaban

12-6-2019-Sidang-Bawaslu-DS.jpg

LUBUKPAKAM, metro24jam.com – Sidang ke-4 sengketa Pemilu Legislatif untuk Dapil 2 Deliserdang dilanjutkan di kantor Bawaslu Deliserdang, Jalan Tanjung Garbus, Lubukpakam, Rabu (12/6/2019).

Agenda kali ini mendengarkan jawaban dari termohon 1 dan 2 yakni KPU Deliserdang yang hadiri Ziaulhaq Siregar, Relis Yanthi dan Sahrial Efendi serta PPK Tanjung Morawa diwakili Boy Ardianto.

Sidang dibuka pimpinan Asman Siagian, yang didampingi dua Komisioner Bawaslu lainnya. Asman Siagian kemudian mempersilahkan Termohon 1 dan 2 memberikan jawaban terkait laporan Pemohon.

Namun, pihak Termohon ternyata belum mempersiapkan jawaban dan meminta agar sidang ditunda hingga Kamis (13/6/2019).

“Maaf pimpinan sidang. Kami belum ada persiapan jawaban karena kami masih akan mempersiapkan soal gugatan capres di MK. Jadi, kami mohon waktu agar sidang dilanjutkan besok,” kata Ziaulhaq Siregar yang juga komisioner KPU Deliserdang.

Pimpinan sidang Asman Siagian terlihat kecewa mendengar jawaban dari pihak Termohon, sebab waktu sudah diberikan selama beberapa hari dan waktu sudah sangat mepet selama sengketa ini.

Asman kemudian mendesak pihak Termohon 2 PPK Tanjung Morawa untuk memberi jawaban. Tapi, sama halnya dengan KPU Deliserdang, pihak PPK Tanjung Morawa juga tidak mempersiapkan jawaban.

Mendengar hal itu, Asman Siagian akhirnya menskor agenda sidang dan memberi waktu Kamis (13/6/2019), kepada kedua Termohon untuk mempersiapkan jawaban.

“Kami harap tidak ada penundaan penundaan seperti ini dan sudah mempersiapkan jawaban dari termohon,” tegas Asman.

SEmentara itu, Ketua PPK Tanjung Morawa Boy Ardianto juga mengatakan belum siap, dengan alasan pihaknya belum lagi ke TPS-TPS, untuk mengkroscek apa benar nama-nama pemilih yang dituduhkan ke mereka itu dari luar daerah atau tidak.

Kemudian Asman Siagian menegaskan bahwa sidang akan dilanjutkan, Kamis (13/6/2019) pukul 10.00 Wib.

Pemohon Rusmani Manurung–Caleg Partai Hanura nomor urut 3 untuk Dapil 2 Deliserdang–yang diwakili kuasa hukumnya Hawari Hasibuan SH dan Zulhairil Harahap SH, yang ditemui seusai sidang menyayangkan pihak Termohon yang tidak mempersiapkan jawaban.

“Kami sangat menyayangkan hal ini dan alasan ke MK soal Pilpres itu pun tidak masuk akal. Kan ada Ketua KPU serta komisioner lainnya yang bisa mengurusi ke MK. Kami berharap, tahapan sidang ini berjalan sesuai skedul dan undang undang, sehingga berjalan dengan baik. Kami juga berharap pihak termohon besok sudah bisa menjawab,” tandas Hawari dan Zulhairil. (fan)