Heboh Kopdargab All Bikers XVI 2019 Sumut Digelar di Parapat

PARAPAT, metro24jam.com – Sekitar lima ribu peserta Kopi Darat Gabungan (Kopdargab) All Bikers Fiesta XVI melakukan kegiatan di kawasan Danau Toba Parapat, Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Simalingun.

Kegiatan yang diikuti peserta dari berbagai daerah, antara lain Palembang, Aceh dan bahkan dari negara tetangga Malaysia, digelar selama tiga hari sejak Jum’at (27/9/2019) hingga Minggu (29/9/2019).

Maraden Sinaga, selaku penasehat Kopdargab All Bikers Fiesta XVI mengatakan, tujuan event ini untuk menyambut Dastinasi Danau Toba.

“Awalnya peserta dipredisi sekitar tujuh ribu orang, tapi yang sudah pasti sekitar lima ribu. Pera peserta dari seluruh Sumatera Utara, tetapi ada juga yang dari luar yaitu Palembang dan ada satu tim dari Malaysia. Ketika MCI Toba menghadiri undangan di Aceh, mereka juga bersedia datang,” tegas Maraden kepada awak media di lokasi kegiatan Open Stage Pagoda Parapat, Jumat(27/9/2019) sekira pukul 14.18 WIB,

Disampaikannya, rute yang dipersiapkan oleh panitia untuk dilalui peserta maulai dari Hutan Sualan naik sampai ke hutan Girsang. Sedangkan rute daerah wisata yang dieksplor berada di Motung Ajibata dan Girsang.

“Nanti di spot wisata seperti istana presiden, Air Terjun Girsang, Camping Ground, Batu Lobang yang mana dilalui peserta mereka akan ambil foto. Kemudian foto -foto terbaik itu akan kita nilai, selanjutnya ajang poto terbaik akan ditampilkan di twitter dan medsos,” kata Maraden.

“Ini sekaligus menjadi pola promosi kita ke depan. Dan kita juga sarankan kepada Pemda Simalungun, Pemprov Sumatera Utara supaya tidak takut melakukan kegiatan apa pun di Parapat,” ujar anggota Komitas Salletek 97 itu.

Terkait keamanan, pria yang juga anggota DPRD Simalungun itu mengaku sudah bekerjasama dengan pihak kepolisian.

“Soal keamanan Polres Simalungun mendukung. Saya sendiri anggota Salletek 97 siap menjadi event organizer untuk kegiatan selama tiga hari ini,” katanya.

“Dari segi ekonominya, kita umpamakan bahwa minimal setiap peserta menghabiskan dua ratus ribu saja uangnya di kota Parapat, kalau lima ribu peserta dikali dua ratus ribu sudah satu miliar uang beredar di kota Parapat selama tiga hari. Mungkin, pengeluaran peserta bisa lebih kalau mereka menginap,” ungkapnya.

Maraden juga berpesan kepada masyarakat, khususnya di Kecamatan Girsang, bila mana selama tiga hari kegiatan All Bikers merasa terganggu, agar dapat memaklumi dan memberikan dukungannya.

“Dari kita panitia, masyarakat Kecamatan Girsang harus mendukung dan harap maklum atas kebisangan selama kegiatan ini berlangsung. Sebab, kegiatan ini tak lain untuk kemajuan wisata Danau Toba Parapat,” katanya.

Amatan di lokasi, peserta Kopdargab All Bikers XVI disambut Camat Girsip Eva Suryati Ulyarta Tambunan SKom MSi, Sekcam Ferry Donny Sinaga SH, Lurah Tigaraja Donny Darma Silalahi SH, Lurah Parapat Nixson Sinaga, Kapolsek Parapat AKP Irsol, Kanit Reskrim Ipda Manurung, Koramil II Parapat Sertu P Gultom, dengan iringan gondang batak.

Konvoi peserta dikawal Sat Lantas Polres Simalungun. Sedangkan rundown acara Kopdargab All Bikers XVI, sudah melakukan regristrasi peserta Bikers, sholat jumat di mesjid Taqwa parapat, bazaar di Open Stage Pagoda, konvoi marching band dari terminal hingga Open Stage.

Para bikers disambut dengan tor-tor dari panitia dan Uspika, hiburan dan seni budaya lokal.

Uspika Girsip di acara Kopdargab All Bikers XVI. (Silalahi/metro24jam.com)

Sabtu (28/9/2019), para bikers direncanakan melakukan sosialisasi kepada pelajar, senam Zumba, lucky draw, pelepasan Trabas Exploring, Tortor Cawan oleh Yayasan Pusuk Buhit Sakti, Slankers Vespa, Tortor Sangar Tari Juna Toba, Beta Voice, Siantar Dance Crew, Crazy Rap dan Dangdut Party.

Minggu (29/9/2019), Kegiatan Bakti Sosial All Bikers keliling seputar pantai. Acara Puncak Kopdargab XVI, tortor bersama All Bikers serta penyerahan Pitaka, pengumuman pemenang Instagram dan terakhir acara Punxgoaran sebagai penutup. (sil)