Heboh Ketua PT Medan Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Kantor PN Sei Rampah

SERGAI, metro24jam.com – Ketua pengadilan Tinggi Medan, Setyawan Hartono meletakkan batu pertama pembangunan gedung Kantor Pengadilan Negeri (PN) Sei Rampah, di Dusun 1, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai, Jum’at (6/11/2020).

Proyek pembangunan gedung kantor PN Sei Rampah dikerjakan PT Barindo Prima Agung dengan konsultan pengawas PT Arihta Teknik Persada dengan anggaran Rp31.988.990.000 sumber dana Dipa APBN tahun 2020-2021 dengan masa pekerjaan selama 243 hari.

Dalam sambutannya, Ketua PT Medan Setyawan Hartono mengatakan, ketentuan UU Peradilan, idealnya setiap kabupaten/kota harus ada kantor Pengadilan Negeri.

Namun di Sumatera Utara, belum semua kabupaten mempunyai kantor Pengadilan Negeri sendiri.

“Saat ini, masih ada Pengadilan Negeri yang wilayah hukumnya mencakup 8 kabupaten, seharusnya setiap kabupaten/kota harus mempunyai kantor PN sendiri. Beruntung Sei Rampah mendapat kantor Pengadilan Negeri pertama dibangunkan kantor baru,” katanya.

Ia menjelaskan, PN Sei Rampah tergolong unik. Meski masih baru, namun pekerjaannya sudah seperti pengadilan lama, bahkan seperti kelas 1A.

“Ini disebabkan beban kasus sangat besar, namun jajaran PN Sei Rampah dapat menyelesaikan semua kasus dengan maksimal,” katanya.

Setyawan Hartono berharap, agar kontraktor bisa mengerjakan pembangunan kantor PN Sei Rampah dengan sebaik-baiknya sesuai dengan rencana dan tidak ada yang dikurang-kurangi.

“Jangan ada keinginan untuk mengambil keuntungan yang telah ada dengan mengambil komponen yang ada dalam pembangunan gedung ini,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua PN Sei Rampah, Rio Barten Pasaribu mengatakan, pembangunan gedung perkantoran PN Sei Rampah merupakan bentuk kepastian untuk memberikan pelayanan peradilan dan kepastian hukum kepada masyarakat dengan maksimal.

“Dengan peletakan batu pertama ini, menandai pelayanan kepada masyarakat. Kepastian ini merupakan suatu penyemangat bagi kami untuk terus bekerja mengejar standar pelayanan yang telah ditetapkan Makamah Agung,” katanya.

Kehadiran gedung baru ini nantinya diharapkan menjadikan stimulus bagi para penegak hukum di PN Sei Rampah dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (*)