Heboh Dramatis! Warga Cot Girek Giring Belasan Gajah Liar, Lihat Videonya

ACEH UTARA, metro24jam.com – Kawanan gajah liar yang jumlahnya diperkirakan sekitar 15 ekor kembali memasuki lahan perkebunan warga di wilayah barat Dusun Leubok Tilam Desa Cot Girek, Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara.

Beruntung, sejumlah warga yang berkebun di sana berhasil menghalaunya dengan cara meletuskan meriam karbit pemberian World Wildlife Fund (WWF) Perwakilan Indonesia.

Kawanan gajah itupun berhasil digiring keluar dari area perkebunan warga.

Sebagaimana diketahui, pada Desember 2017 lalu WWF Perwakilan Indonesia memberikan simulasi pengusiran gajah liar kepada warga di lapangan sepakbola Dusun Cot Girek Lama.

Dengan adanya meriam tersebut, upaya penghalauan gajah bisa berjalan dengan baik.

Salah seorang warga, Pujo Waluyo, kepada metro24jam.com mengatakan belasana ekor gajah liar tersebut mulai memasuki area perkebunan warga sejak sepekan lalu.

Barulah tiga hari yang lalu ia bersama warga lainnya mencoba untuk menggiring keluar gajah-gajah itu.

“Kawanan gajah liar tersebut terlihat jelas, berhasil dihalau oleh warga dan sekarang gajahnya sudah keluar dari area perkebunan warga, jumlahnya sekitar 15 ekor dan ada yang anakan. Penghalauan ini juga berlangsung dramatis,” ujar Pujo, Selasa (12/2/2019).

Sebagai pembuktian, dia merekam kawanan satwa dilindungi itu menggunakan handphone miliknya.

Dalam video berdurasi enam menit 54 detik yang dikirimkan kepada metro24jam.com, tampak jelas gajah-gajah itu berjalan dengan cepat berupaya untuk keluar.

Pada durasi pertama selama tiga menit, terlihat jelas gajah-gajah itu berjalan meninggalkan area dan dibelakangnya sejumlah warga sedang melakukan penggiringan. “Jarak antara kami dengan gajah itu sangat dekat, hanya beberapa meter saja,” jelas Pujo.

Pada durasi terakhir, tampak pula seekor gajah liar itu keluar belakangan setelah kawanan lainnya meninggalkan tempat itu. Seekor gajah ini merupakan gajah betina berbadan besar, seolah dia keluar belakangan sebagai pemandu kawanan lainnya. (Chairul)