Heboh Dinkes Deliserdang Bantu Pengobatan, Mardongan Nasution Dibawa ke RSUD

DELISERDANG, metro24jam.com – Setelah lama mengidap penyakit kelenjar leher, Mardongan Nasution (54), warga Gang Melati 1, Jalan Bakaran Batu, Desa Bakaran Batu, Kecamatan Lubukpakam, dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Deliserdang, Jum’at (3/7/2020).

Kondisi pria yang akrab disapa Bang Ateng itu sebelumnya hanya bisa berbaring di tempat tidur. Tubuhnya kurus kering akibat penyakit yang dideritanya itu.

Selama ini, Mardongan tinggal di tempat keluarga angkatnya Samsul Bahri Lubis (55) dan bekerja sebagai pengemudi becak bermotor. Namun dalam sebulan terakhir, ia hanya bisa berbaring menahankan sakit yang dialaminya.

Melihat kondisinya yang semakin parah, pihak keluarga angkat dan para tetangga kemudian membuat gerakan membantu Bang Ateng.

“Kami udah bingung bang. Tiga minggu kami mengurus BPJS Bang Ateng di Dinas Sosial, tapi nggak siap-siap. Akhirnya kami membuat BPJS mandiri untuk Bang Ateng. Sudah siap, tapi 14 hari baru aktif,” sebut Enda, tetangga Mardongan, Jum’at (3/7/2020).

Para tetangga kemudian melakukan gerakan sosial dengan memohon bantuan seikhlasnya. “Kami lakukan ini untuk menolong bang Ateng,” kata Enda

Gerakan sosial para tetangga Mardongan itu akhirnya sampai kepada Kadis Kesehatan Deliserdang dr Ade Budi Krista. Ia pun langsung memerintahkan Puskesmas Lubukpakam untuk menindaklanjuti hal itu.

Seiring dengan Dinkes, Camat Lubukpakam Kurnia Boloni Sinaga juga menugaskan Pemerintah Desa Bakaran Batu untuk menindaklanjuti kondisi Mardongan.

Petugas dari Puskesmas Lubukpakam Sri Wahyuni, Tian Hutabarat dan Bidan Desa Bakaran Batu Juliana, Kades M Irwan Tanjung bersama Kadus Hendrik langsung datang ke kediaman Mardongan dan membawanya ke RSUD Deliserdang.

“Terima kasih ya Pak, Bu! Bang Ateng ini saudara angkat saya. Dulu dia datang ke Lubukpakam sebatang kara dan tinggal di tempat kami. Dia dulu bawa becak dayung mengantar anak-anak sekolah. Orangnya akrab sama anak-anak sekolah. Sekali terima kasih ya pak!” kata Samsul Bahri Lubis.

Sementara itu, Kades M Irwan Tanjung mengatakan bahwa pihaknya akan membantu proses administrasi di RSUD Deliserdang.

“Ya, kami akan membantunya. Ini pun Bang Ateng di rumah ini diinfus sama tenaga kesehatan warga sini. Terima kasih kepada Dinas Kesehatan Deliserdang,” kata Kades M Irwan Tanjung.

Saat ini, Mardongan Nasution alias Bang Ateng sudah dirawat di RSUD Deliserdang. Dokter masih melakukan diagnosa untuk memastikan penyakit yang dideritanya, apakah kelenjar getah bening atau TB.

“Nanti kita akan tau apa sakit Bang Ateng ini,” kata KTU Puskesmas Lubukpakam Sri Wahyuni. (Fan)