Heboh Data PPKM Mikro: Deliserdang Masuk Zona Kuning Covid-19

DELISERDANG, metro24jam.com – Berdasarkan data PPKM Mikro di Kabupaten Deliserdang periode 3 Mei s/d 9 Mei 2021, di 22 kecamatan yang terdiri dari 283 desa/kelurahan, Kecamatan Gunung Meriah dan STM Hulu saat ini merupakan zona hijau Covid-19.

Sedangkan, zona kuning terdapat di 111 desa/kelurahan tersebar di 20 kecamatan, namun tidak ada desa atau kelurahan yang berstatus zona merah.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid?”19 Deliserdang, dr Ade Budi Krista dalam konferensi pers di Aula Cendana, Lantai I, Kantor Bupati Deliserdang, Selasa (11/5/2021).

“Maka dengan demikian berdasarkan PPKM Mikro Kabupaten Deliserdang masuk ke zona kuning,” kata dr Ade Budi Krista.

Kegiatan juga dihadiri Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar, Dandim 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudhantara, Kapolresta Kombes Pol Yemi Mandagi, Asisten I Drs Citra Effendi Capah, Kadis Kominfo Dr Dra Miska Gewasari, Dirut RSUD Deli Serdang dr Hanif Fahri, Kepala BPBD Drs Zainal Abidin Hutagalung dan Kabag Prokopim Setdakab M Ari Mulyawan.

“Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Deliserdang, sampai dengan tanggal 10 Mei 2021 kasus konfirmasi positif berjumlah 5.427. Untuk tahun 2021, sejak Januari bertambah sebanyak 3.042 kasus. Artinya dalam waktu lima bulan di tahun 2021 sudah banyak kasus dibandingkan kasus sebelumnya,” jelas dr Ade yang juga Kadis Kesehatan Pemkab Deliserdang.

Ia melanjutkan, bahwa jumlah kasus meninggal meninggal dunia terkonfirmasi positif Covid-19 ada sebanyak 301. Sejak Januari 2021 terjadi peningkatan sebanyak 159 kasus.

“Kasus aktif, yaitu kasus konfirmasi sedang dirawat berbagai rumah sakit maupun isolasi mandiri berjumlah 457 orang dan berpotensi meningkat karena belum termasuk kontak erat baik yang sudah di tracing maupun belum. Sementara itu, angka kesembuhan berjumlah 4.669 orang, untuk tahun 2021 sejak Januari berjumlah 2.426 orang,” urainya.

Sementara itu, berdasarkan data Sistem Rumah Sakit (SIRS) online, pada 10 Mei 2021, dari 22 rumah sakit di Deliserdang yang menyediakan ruang isolasi Covid-19 dengan 359 tempat tidur dan 72 ICU Covid-19, jumlah pasien yang dirawat sebanyak 344 orang.

“Pemerintah Kabupaten Deliserdang telah menyiapkan rumah sakit lapangan di Candika – Lubuk Pakam dengan jumlah 100 tempat tidur dan sudah beroperasi sejak 10 Mei 2021,” imbuhnya.

Pemkab Deliserdang mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan mudik pada Idul Fitri 1442 H, tidak melaksanakan pawai takbiran/konvoi di jalanan, tidak melaksanakan sholat Idul Fitri atau membatasi jumlah jema’ah pada pelaksanaan sholat Ied, tidak melakukan open house, dianjurkan cukup keluarga inti saja dan tetap disiplin dalam penerapan protokol keseahatan 5 M.

Selanjutnya seluruh anggota Satgas agar memaksimalkan fungsi pemberlakuan pembatatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro terutama di Desa/Kelurahan Zona kuning dan bagi masyarakat yang mempunyai gejala demam, batuk/pilek, sakit tenggorokan, sesak nafas, badan pegal-pegal, diare dan ada riwayat kontak dengan orang yang konfirmasi positif Covid, agar jujur melaporkan kondisinya kepada petugas kesehatan terdekat.

Sementara itu, Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar mengatakan bahwa sangat sulit menyadarkan masyarakat agar disiplin menerapkan Prokes.

Namun, Pemkab Deliserdang bersama TNI-Polri dan semua elemen akan terus mengimbau masyarakat agar mau mendisiplinkan diri menerapkan Prokes.

“Semoga kita kita dalam keadaan sehat dan bersama-sama tetap menjaga kondisi Deliserdang untuk ke depannya lebih baik lagi,” harap HM Ali Yusuf Siregar. (*)