Heboh Dana BLT Belum Ditransfer, Sembako Sudah Ready

Siantar, hetanews.com – Anggota DPRD Sumut Saut Bangkit Purba mengungkapkan JPS [Jaring Pengaman Sosial] Pemrovsu dalam bentuk BLT ke Pematangsiantar belum ditransfer. Hal itu disampaikan Saut setelah mengkonfirmasi GTPP Covid 19 Pematangsiantar di Balaikota, Kamis (21/5/2020).

"Setelah kita konfirmasi, sesuai dengan permintaan pemerintah kota bahwasanya penyaluran itu diminta dalam bentuk uang tunai. Tapi mungkin  ada masalah administrasi, jadi dari Pemrovsu itu belum ditransfer ke Pemko," kata Saut kepada wartawan di Balaikota.

Diberitakan sebelumnya, Pematangsiantar masuk sebagai penerima JPS Pemprovsu dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai [BLT] bersama 13 kota/kabupaten lain di Sumut. Sementara 20 kota/kabupaten lagi menerima paket sembako.

BLT ke Pematangsiantar disalurkan untuk 21.404 KK dengan total Rp 4.815.900.000. Penyaluran bantuan ini atas kerjasama Pemrovsu, Kodam IBB, Poldasu serta didukung DPRD-Su, Kejatisu dan para Relawan.

Penuturan Saut tentang belum ditranfernya JPS Pemprovsu ke rekening Pemko Pematangsiantar, menyingkap kejanggalan GTPP Covid 19. Pasalnya, sejumlah komoditi sembako berupa beras dan Box sembako berstiker GTPP Covid Pemprovsu sudah disiapkan di kantor Balaikota. Lalu, mengapa sembako 'ready' sementara uang belum ditransfer?

Dari Tunai Jadi Sembako

Pariaman Silaen Selaku Kadis Sosial P3A Pematangsiantar, dikonfirmasi pada Senin (18/5) kemarin, menuturkan JPS Pemprovsu senilai Rp 4,8 Miliar ke Pematangsiantar telah dibelanjakan menjadi sembako. 

"Uang tunai dan dibelanjakan di Siantar melalui Tim Gugus," ujar Kadis Sosial P3A Pematangsiantar, Pariaman Silaen, dikonfirmasi Senin sore. 

Adapun komposisi sembako yang disalurkan nantinya ialah Beras 10 Kg, Mie Instan 20 Bungkus, Minyak Goreng 2 Liter, Gula putih 1 Kg, susu kental manis merk Indomilk, Teh Dari Wangi 1 Kotak, Ikan Kalen Merk ABC ukuran besar dan tepung 1 Kg. 

"Jumlah penerima sebanyak 21.404 sesuai jumlah DTKS Kota Pematangsiantar," jelasnya. 

Sasaran Penerima JPS Pemprovsu 

Bantuan Jaring Pengaman Sosial [JPS] dari Pemerintah Provinsi Sumut atau Pemprovsu disebut akan disalurkan sebelum perayaan Idul Fitri 1441 H.

Kabid Sosial Dinas Sosial P3A Pematangsiantar, Resbon Sinaga, Selasa (19/5) kemarin, menuturkan pihaknya telah melakukan pertemuan dengan para camat dalam pembahasan penyaluran sembako kepada 21.404 KK di Pematangsiantar.

Penerima JPS Pemrovsu ini diprioritaskan kepada yang belum menerima Sembako dari JPS Pemko Pematangsiantar tahap I pada April 2020 dan warga penerima BPNT yang kartunya terblokir.

Kemudian, warga yang sama sekali belum menerima JPS Pemko Pematangsiantar Tahap I dan Tahap II Mei 2020. Pendataan dilakukan di masing masing kelurahan mulai Selasa hingga Rabu (20/5).

"Belum ada instruksi camat Siantar Utara ke Kelurahan Martoba untuk pendataan. Padahal kita sudah rapat dengan camat di ruang Tapem,"ungkap Resbon.

Baca juga: