Heboh Boat Pukat Gerandong Dibakar di Perairan Tanjung Tiram, Ini Penjelasan Kapolres Batubara

BATUBARA, metro24jam.com – Satu unit kapal pukat Gerandong tarik dibakar di perairan laut Tanjung Tiram, Batubara, menyusul pertikaian dua kelompok nelayan setempat, Senin (14/1/2019), sekira pukul 17.30 Wib.

Kapolres Batubara, AKBP Robinson Simatupang dalam keterangannya, Selasa (15/1/2019) menyebutkan, pemilik kapal yang dibakar adalah ZN (40), warga Jalan Rakyat, Kelurahan Tanjung Tiram, Kecamatan Tanjung Tiram, Batubara.

Pertikaian, menurut Kapolres, berawal dari kata-kata kurang menyenangkan dari salah seorang anggota kelompok nelayan, Minggu (13/1/2019) kemarin.

“Bertempat di bengkel milik korban di Jalan Rakyat Ujung Bom, Kelurahan Tanjung Tiram, saat itu Zainal bersama temannya IP. Saat itu ZN mengatakan kepada IP, ‘Untuk apa kita takut dengan nelayan jaring [ikan] gembung, kita kan punya uang’,” kata Simatupang menuturkan ucapan ZN kepada temannya saat itu.

Ternyata ucapan ZN tersebut didengar orang lain dan kemudian disampaikan kepada kelompok nelayan Jaring Gembung.

Selanjutnya, ZN dengan tekong (nakhoda) berinisial LW kemudian pergi melaut bersama satu unit boat Pukat Gerandong lainnya.

“Jadi [kelompok] nelayan Jaring Gembung emosi dan keesokan harinya (Senin), sekira pukul 15.00 Wib, mereka bersama-sama berangkat ke laut untuk mencari kapal milik ZN tersebut,” lanjut Kapolres Batubara.

Sekira pukul 16.00 Wib, berjarak 3 mil dari Pelabuhan Ujung Bom tepatnya di lokasi jajar panjang, nelayan Jaring Gembung kemudian menemukan 2 kapal pukat tarik Gerandong sedang menangkap ikan.

Melihat itu, nelayan Jaring Gembung kemudian mengejar boat dan langsung membakar boat milik ZN yang dikemudikan tekong LW. Para nelayan Jaring Gembung tersebut kemudian mengambil 1 set alat tangkap atau jaring Gerandong di kapal lainnya.

Melihat kapalnya dibakar, tekong dan ABK kemudian melompat ke laut dan menaiki unit boat lainnya yang tidak dibakar.

Kelompok nelayan Jaring Gembung kemudian membawa jaring Pukat Gerandong ke Jalan Rakyat, tepatnya di Depan Pos Angkatan Laut Kelurahan Tanjung Tiram, Kecamatan Tanjung Tiram.

Sekira pukul 19.00 Wib, sekira 30-an kelompok nelayan Jaring Gembung itu tersebut kemudian membakar Pukat Gerandong.

“Saat ini kita berkoordinasi dengan Irwansyah selaku Ketua Nelayan Jaring Gembung Tanjung Tiram dan instansi terkait. Kita juga masih mencari korban serta meminta keterangan saksi-saksi,” katanya.

Dari lokasi polisi mengamankan barang bukti berupa jaring Pukat Gerandong yang sudah terbakar sebagian. (fik)

BACA JUGA: