Heboh Beredar Kabar Kapal Tenggelam di Danau Toba, Wakapolres Samosir: Itu Hoax!

Heboh Beredar Kabar Kapal Tenggelam di Danau Toba, Wakapolres Samosir: Itu Hoax!

SAMOSIR, metro24jam.com – Beredar informasi bahwa satu unit kapal tenggelam di perairan Danau Toba. Kabar tersebut menyebar di grup-grup WhatsApp, Selasa (15/1/2019) pagi.

“DANAU TOBA BERDUKA INNALILLAHI WA INNAILLAHI ROJI’UN… Buat rekan2 mari sama sama kita berdoa : baru tenggelam kapal jurusan tiga ras simanindo. muatan penumpang 183 orang. sepeda motor 40. info yang selamat baru 3 orang. kejadian baru aja. semoga semua korban selamat. Aamiin…,” bunyi pesan tersebut.

Pesan tersebut sempat membuat heboh sejumlah wartawan. Metro24jam.com coba mengonfirmasi kebenaran kabar itu kepada Waka Polres Samosir, Kompol CH Simanjuntak.

“Itu hoax! Dan angka 180 orang tidak benar. Itu bukan area Danau Toba, tapi perairan laut,” kata Simanjuntak kepada metro24jam.com.

Dia juga menyesalkan orang yang telah menyebarkan kabar bohong tersebut.

“Itu perbuatan yang kurang ajar dan punya tendensius merusak wisata Danau Toba.

Masyarakat jangan percaya begitu saja, cek langsung kepada aparat terkait,” pungkasnya.

Hasil penelusuran metro24jam.com, sebuah video diunggah Vina Channel di Youtube dengan judul, ‘Detik-detik Kapal Tenggelam di Danau Toba’.

Namun dari suara yang terdengar dalam rekaman video tersebut, logat pembicaraan bukan dari Sumatera Utara maupun Batak. Video tersebut diunggah pada Senin (14/1/2019) malam. (ft)