Heboh Antisipasi Jukir Liar, Dishub Simalungun Sosialisasi Petugas Parkir

12-6-2019-Jukir-Parapat.jpg

PARAPAT, metro24jam.com – Dinas perhubungan Simalungun melaksanakan sosialisasi terkait pelayanan juru parkir (jukir) yang baik. Sosialisasi dilakukan untuk mengantisipasi aksi juru parkir liar yang belakangan ini banyak beroprasi di lokasi wisata Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsip), Simalungun.

Kegiatan sosialisai dipimpin langsung Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Halan , Ridwan Purba didampingi Kasi OPS Jawarden Purba, P Tarigan ST, Kapolsek Parapat AKP Bambang Priyatno SH dan dihadiri Koordinator Parkir Mujar Sinaga serta puluhan juru parkir di wilayah lokasi wisata Parapat.

Ridwan Purba menyampaikan, kegiatan sosialisasi tersebut untuk mengantisipasi kegiatan parkir liar di Parapat.

“Kedatangan kita untuk menindak lanjuti masalah parkir liar yang terjadi pada saat hari liburan Idul Fitri di Parapat. Makanya kita buat sosialisasi kepada petugas parkir yang sah dan memiliki ID card (badge) dari Dishub sesuai Perda Nomor 10 tahun 2010 tentang parparkiran di tepi jalan,” jelas Ridwan Purba di ruang Harunguan Polsek Parapat, Rabu (12/6/2019).

Kasi Ops Jawarden Purba menambahkan, sesuai Standard Operational Procedure (SOP), yang dapat dikutip retribusi parkir adalah di setiap tepi jalan.

“Pelayanan prima harus tetap ditingkatkan mengingat daerah ini tempat wisata. Mudah=mudahan kedepan atas adanya sosialisaai ini membuat perubahan dan setiap petugas parkir yang sah memiliki ID Card yang dikeluarkan Dishub Simalungun,” jelas Jawarden.

Sementara itu, Mujar Sinaga menjelaskan, bahwa jumlah ada sebanyak 15 juru parkir di Parapat, ditambah 15 petugas cadangan.

“Anggota petugas parkir saat ini ada 15 orang, ditambah 15 cadangan, dan daftar semua petugas jukir telah disampaikan kepada Uspika Girsip,” ujarnya.

Diketahui sebelumnya, sebanyak 8 orang telah diamankan personel Unit Jatanras Polres Simalungun karena melakukan pengutipan parkir tanpa izin di lokasi wisata Parapat. Ironisnya, salah satu dari ke-8 orang tersebut adalah Lurah Tigaraja. (sil)

BACA JUGA:
J