Heboh 40 Jemaah Meninggal dalam Penemb*kan Sad*s di Masjid Christchurch

qzpx3joxkcqxl4xkw9zm.jpg


Sebarkan ~ Korban meninggal dunia dalam penembakan di dua masjid Christchurch mencapai 40 orang, puluhan lainnya terluka.

Hal ini disampaikan Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern dalam konferensi pers yang disiarkan langsung di televisi. Sepuluh dari korban meninggal dari masjid pertama, Linwood, 30 lainnya berasal dari Masjid Al Noor.

“40 orang meninggal dunia dalam penemb*kan hari ini, 20 orang terluka,” kata Ardern dengan suara yang bergetar, Jumat (15/3).

Ardern sebelumnya mengatakan empat pelaku tertangkap dalam penemb*kan dua masjid di Christchurch dalam pelaksanaan solat Jumat. Salah satu dari pelaku adalah warga Australia.

Dari video yang direkam pelaku, dia membawa mobil berisikan berbagai senjata api. Ardern mengatakan, polisi telah menjinakkan bahan peledak di dalam mobil tersebut.

Dalam pernyataannya, Ardern menegaskan negaranya menentang keras ekstremisme yang dilakukan pelaku di Selandia Baru.

Kementerian Luar Negeri Indonesia sebelumnya telah menyebut ada enam WNI di masjid tersebut. Tiga di antara mereka berhasil kabur, tiga lainnya masih belum ada kabarnya.

Terdapat 331 WNI di Christchurch, termasuk 134 mahasiswa. Jarak Wellington ke Christchurch 440 km.

Bagi keluarga dan kerabat yang membutuhkan informasi lebih lanjut dan bantuan konsuler, dapat menghubungi hotline KBRI  Wellington,  +64211950980 dan +64 22 3812 065 (Fungsi Protokol dan Konsuler)

Sumber :kumparan.com