Heboh 12 Mahasiswa dan 2 Dosen Akper HKBP Balige Positif Covid-19

TOBA, metro24jam.com – Sebanyak 12 mahasiswa serta 2 dosen di Akademi Keperawatan HKBP Balige terkonfirmasi positif Covid-19, setelah pihak yayasan melaksanakan uji swab terhadap mahasiswa dan dosen, Rabu (21/7/2021).

Staf Sekretariat Yayasan kesehatan HKBP Balige, Edwin Hutagaol ketika dikonfimasi membenarkan hal tersebut.

“Untuk mendukung pemerintah, Akper HKBP Balige berinisiatif melaksanakan tes swab kepada dosen dan mahasiswa. Setelah dicek melalui swab, kita dapatkan ada 2 dosen dan 12 mahasiswa yang terkonfirmasi positif Covid-19,” katanya saat ditemui Metro24jam.com, Rabu (21/7/2021) siang.

Menindaklanjuti hasil tersebut, pihak yayasan kemudian mengambil langkah dengan menyarankan agar seluruh mahasiswa dan dosen yang terkonfirmasi positif melaksanakan isolasi mandiri.

“Kita akan mensuplai nutrisi dan gizi vitamin untuk membantu kesehatan mereka,” jelas Edwin.

Selanjutnya, pihak yayasan memberlakukan proses perkuliahan dengan sistem daring.

“Tetapi dalam beberapa hal, siswa tidak dapat dilakukan secara daring. Contohnya seperti kegiatan di laboratorium maka tidak bisa dilakukan secara daring,” jelasnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Toba, Siti Nuraya Sirait, juga membenarkan adanya mahasiswa Akper HKBP Balige yang positif Covid-19.

“Kemarin 1 orang, maka dilakukan pressing melakukan tes antigen sebanyak 37 orang. Di mana, dari 37 orang ini 24 mahasiswa dites antigen ada sebanyak 12 yang positif,” jelasnya.

Selain itu juga dilaksanakan tes antigen terhadap 13 orang lainnya yang terdiri dari dosen, staf dosen dan gizi.

“Dari 13 orang ini ada dinyatakan 2 orang positif Covid-19, sehingga Total semuanya ada 14 orang,” ungkap Siti Nuraya Sirait.

Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa ada 11 orang yang sudah ada gejala, pulang saat akan dilakukan tes dan belum kembali ke asrama hingga saat ini.

“Kami akan mencari tahu alamat dari para mahasiswa ini nanti untuk kita kontak,” imbuhnya.

“Untuk yang terkonfirmasi positif setiap hari bertambah di laporan pasien lama 48 Orang dan untuk hari ini pada tanggal 21 Juli 2021 ada penambahan 18 orang. Kemudian yang sembuh ada 3 orang dan yang meninggal ada 3 orang sehingga total hari ini laporan kita dari kabupaten Toba sebanyak 440 orang,” pungkasnya. (*)